Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas 2



1. Sebutkan dan Jelaskan 3 Unsur yang Menyebabkan Munculnya Aktivitas Ekonomi ?

Tiga (3) unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi menurut saya adalah :

1. Kebutuhan Manusia
Karena kebutuhan manusia tidak pernah habis, hal itu di karenakan sifat manusia yang tidak pernah puas yang selalu menginginkan yang lebih. Oleh karena itu manusia harus melakukan aktivitas ekonomi untuk mendapatkannya.

2. Sumber Daya
Sumber daya adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam kegiatan(aktivitas) ekonomi, karena sumber daya merupakan sesuatu hal yang dibutuhkan manusia yang bisa memuaskan keinginannya. Sumber daya itu mencakup : 
1.Sumber Daya Alam
2.Sumber Daya Manusia
3.Uang/Modal

3.Kelangkaan
Keterbatasan manusia untuk mendapatkan sesuatu menyebabkan banyak hal terasa langka. Oleh karena itu manusia harus bisa mendapatkan barang/jasa yang mereka inginkan dengan usaha agar mendapatkan hal yang mereka inginkan.

2. Apa yang Membedakan Perusahaan dan Lembaga Sosial ?

Perusahaan adalah lembaga organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya dari hasil produksi atau jasa yang di tawarkan untuk kepentingan perusahaan itu sendiri dan sumber dananya berasal dari hasil produksi dan sang pemberi modal. Sedangkan Lembaga Sosial adalah sebuah organisasi yang bertujuan untuk bisa berguna bagi masyarakat dan dapat melayani sesuai dengan bidang yang ditawarkan dan sumber dananya berasal dari hasil sumbangan, para dermawan dan subsidi pemerintah. Jadi dapat di simpulkan bahwa yang membedakan perusahaan dengan  lembaga sosial adalah tujuannya jika perusahaan bertujuan untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya untuk kepentingan perusahaannya sendiri sedangkan lembaga sosial bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

3. Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Letak dan Tempat Perusahaan ?

Letak perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Letak perusahaan biasanya dipengaruhi faktor kelancaran lembaga lain, seperti lembaga pemerintahan dan merupakan kota besar yang menjadi pusat lalu lintas perekonomian.
Tempat Perusahaan adalah kantor cabang. Biasanya tempat perusahaan berada di daerah - daerah yang dipengaruhi faktor sumber daya alam yang banyak dan dekat dengan penduduk agar bisa mengetahui barang atau jasa apa yang bisa di hasilkan perusahaan tersebut agar dapat di pakai oleh konsumen.

4. Tunjukan Perbedaan Antara Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro Dalam Dunia Usaha ? (Jelaskan Dengan Contoh)

Lingkungan Eksternal Mikro adalah lingkungan yang langsung berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran yaitu:

1. Pemasok
Adalah individu atau lembaga yang menyediakan sumber daya yang diperlukan baik sumber daya alam atau sumber daya manusia untuk operasional perusahaan.

2. Pesaing
Adanya pesaing menyebabkan perusahaan meningkatkan kualitas produknya, tapi juga mempersempit gerak pemasaran perusahaan tersebut dan berusaha memperebutkan pasar yang sama untuk menjadi yang terbaik.

3. Perantara
Adalah individu atau lembaga usaha yang menyampaikan barang dan jasa secara langsung atau tidak langsung dari produsen ke konsumen.

Lingkungan Eksternal Makro adalah lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung yang berada di luar kendali pemasar yaitu :

1. Kondisi Perekonomian
Yaitu dimana kondisi lingkungan eksternal yang berkaitan dengan persoalan keseimbangan penggunaan sumber daya  yang terbatas oleh berbagai macam pihak untuk menjalankan kegiatan produksi.

2. Hukum, Politik dan Peraturan Pemerintah
Yaitu dimana pemerintah mengendalikan kegiatan dan warga negaranya dengan berbagai hukum atau aturan, politik, dan berbagai peraturan pemerintah yang termasuk juga kebijakan - kebijakan pemerintah.

3. Teknologi
Kemajuan teknologi yang pesat saat ini membuat perkembangan dalam kegiatan produksi. Tidak dalam produksi saja tetapi juga material yang di perlukan untuk proses produksi semakin baik. Sehingga banyak produk - produk baru yang memikat hati konsumen karena perkembangan teknologi.

4. Sosial dan Kebudayaan
Dalam kehidupan ini semua hal pasti akan berubah. Begitu juga dengan perkembangan sosial dan kebudayaan. Itu semua terjadi karena kebutuhan manusia semakin bertambah sehingga menyebabkan kreativitas manusia semakin meningkat dan mengalami perkembangan kebudayaan. Perkembangan sosial dan kebudayaan itu memberikan pengaruh peluang dalam menciptakan sebuah barang dan jasa yang mengikuti perkembangan sosial dan budaya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar